Berita terbaru Podomoro Park Bandung  Back to Articles

Beli Rumah Pertama Saat Pandemi: Bijak, atau Tidak?

Karena pandemi, banyak orang yang mengubah pola hidupnya; mulai dari secara fisik seperti lebih menjaga kesehatan, hingga perubahan perilaku seperti lebih jarang pergi keluar atau bahkan lebih menghemat untuk banyak hal. Banyak yang menunda konsumsi, terutama untuk hal-hal yang kurang penting. Namun ternyata banyak pula yang menggunakan kesempatan suku bunga yang sedang rendah untuk mencicil rumah pertama mereka, apalagi dengan banyaknya (mungkin) budget traveling yang tidak jadi dipakai setahun belakangan ini!

Di awal pandemi, semua orang begitu pesimis akan ekonomi. Mungkin sedikit sekali orang yang berani membeli aset-aset investasi seperti saham, atau pun properti. Fast forward ke hampir satu tahun kemudian, dan minat pembeli-pembeli rumah pertama bisa dibilang sangat timpang terhadap rumah tapak dibanding apartemen, khususnya untuk rumah-rumah di kisaran harga ‘menengah’, antara Rp 500 Juta hingga Rp 2 Miliar untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Meski tren ini sekilas terdengar aneh mengingat banyak orang berhemat sejak pandemi ini, namun kalau dipikir ini sangat masuk akal.

Dengan berkurangnya mobilitas dan akselerasi pengadopsian Work from Home atau WFH, banyak orang yang mencari rumah tapak yang lebih nyaman untuk bekerja atau beraktivitas seharian. Atau mungkin untuk melindungi diri dari pandemi, karena tinggal di rumah tapak lebih meminimalisir eksposur kita dibanding tinggal di tempat-tempat padat penghuni seperti indekos atau apartemen. Belum lagi tren WFH ini membebaskan orang-orang untuk tidak tinggal di dekat kantor, sehingga mereka bebas membeli rumah di wilayah yang lebih jauh dengan harga yang lebih terjangkau dan ukuran yang lebih spacious. Itulah mungkin mengapa rumah-rumah tapak di kisaran harga Rp 500 Juta - Rp 2 Miliar yang diminati lebih banyak calon pembeli!

Namun tentu saja, meski didukung oleh alasan-alasan dan tren yang disebutkan di atas, ini semua kembali lagi ke finansial kamu. Meski menarik untuk membeli sekarang, apalagi untuk sesuatu yang begitu pentingnya seperti sebuah rumah, pastikan kamu memang sudah siap. Contoh: Jika kamu mencicil, cicilan yang kamu bayar tidak lebih dari 30-35% penghasilanmu per bulan.

Agar tidak terlalu memberatkan, alangkah baiknya untuk membeli rumah pertama yang bagus, modern, lokasi dan akses strategis, namun tetap affordable. Dan semua itu bisa lho, kamu dapatkan! Dengan Cendana Homes kamu bisa memiliki rumah tapak berlokasi di Lippo Karawaci yang berkembang dengan pesat, sangat dekat dengan akses tol menuju jantung kota Jakarta, stylish, spacious, asri dan nyaman, semua mulai dari Rp 599 Juta. Lebih hebatnya lagi, bisa dicicil cukup dengan Rp 4 juta per bulan!

contact icon
Back to top
Visit Show Unit